Sunday 10 April 2011

Doa Akhir Bayan

Pekanbaru, 11 April 2011

Doa akhir bayan..

Na’uzhubillahi minasysyaithonirrojim.. Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillahirobbil’alamin..,
Wassholatuwassalamu’ala ashrofil ambiyai wal mursalin, wa ‘alihi wa shohbihi ajma’in.

Ya Allah.., Ya Muqallibal qulub..., Ya hannan.. Ya mannan... Yaaaa Qodimal ihsan..
Ya Zaljalali wal-ikroom.., Ya Muzibassailin.. Ya quwwatil Matin.

Ya Allah.., pahamkan kami terhadap agamaMu,
Ya Allah.., ambil harta kami untuk agamaMu.
Pilih kami dalam usaha da’wahmu.
ambil waktu kami untuk berjuang dijalanMu.

Ya Allah..., jangan Engkau cabut hidayahMU karena dosa kami, kezholiman yang kami lakukan. Ya Robb, jangan Engkau cabut hidayahMu karena maksiat yang kami lakukan.

Ya Robb, tidak ada yang bisa memberi hidayah melainkan Engkau Ya Robb. Kalau Engkau cabut hidayah dari diri kami, sama siapa lagi kami meminta ya Robb.., Engkaulah yang Maha Pemberi Hidayah.

Ya Allah, terimalah amal ibadah kami yang sedikit ini, hanya Engkaulah Yang Maha Penerima Amal. Ya Allah, jadikan usaha kami yang sedikit ini menjadi asbab hidayah ya Robb, hidayah kepada diri kami, hidayah atas keluarga kami, hidayah kepada jiran tetangga kami, hidayah kepada seluruh alam.

Ya Allah, matikan kami dalam keadaan beriman ya Robb, jangan matikan kami melainkan iman yang sempurna kepadaMu ya Robb, iman yang Engkau terima. Matikan kami dengan akhir ucapan Lailahaillallah.

Ya Allah.. tutup aib kami, aib istri dan anak kami, aib orangtua kami, aib seluruh kaum muslimin dan muslimat.

Ya Allah., tanamkan sifat terpuji dalam diri kami, akhlak karimah ya Robb, sebagaimana akhlak para sahabat nabiMu ya Robb.

Ya Robb.., jauhi kami dari fintah dunia ini, jauhi kami dari sifat tercela, jauhi kami dari sifat sombong, sifat angkuh.

Ya Allah.. Orangtua kami...
Ya Allah..., ibu kami.., 9 bulan 10 hari mengandung kami, susah payah ia ketika kami dalam kandungan, tidak nyenyak tidurnya karena menjaga kami, hilang selera makannya karena kami, tertumpah darahnya ketika melahirkan kami. Ya Robb, ketika bayi terkadang kami kencing-i nasi di piring makannya, kami tepis tangannya karena tidak mau disuapkan makanan, kami ganggu dengan tangisan disaat waktu tidurnya. Terlambat sholat gara-gara ulah kami, bahkan tinggal sholatnya gara-gara kami. Ya Robb, kini kami telah besar dan dewasa, tidak bisa membalas seluruh perbuatannya, Ya Robb, kini ia telah tua, jelas nampak keriput di keningnya, urat nadi jelas menonjol di tangannya, ucapannya tidak sefasih dulu, ingatannya sudah tidak sekuat dulu, Ya Allah.., ampuni dosa ibu kami.., Engkau kekalkan hidayah dalam dirinya, Engkau tutup aibnya. Engkau pelihara ia dimasa-tuanya ini ya Robb.
Ya Allah, jika ibu kami sudah tiada, Engkau lapangkan kuburnya.., Engkau terima amal ibadahnya.., Engkau ganti dosanya dengan kebaikan Ya Robb, Engkau hembuskan wangi surga kekuburnya.

Ya Allah...., ayah kami.., susah payah ia menafkahi kami, membesarkan kami.., jerih payah ia untuk mencukupkan keperluan kami, hitam punggungnya untuk mencari nafkah, pergi pagi pulang sore,terkadang tinggal sholatnya untuk mencukupi nafkah kami, lalai ia mengingatMu karena sayangnya ia kepada kami, terkadang yang bukan haknya diambilnya juga untuk kami, terkadang ia dihina orang untuk sesuap nasi kami, dicaci orang karena perkerjaannya, ia tahan rasa malu untuk membahagiakan kami, kumuh bajunya untuk memikul beban gara-gara kami, Ya Allah.., ampuni dosanya.., bahagiakan ia dunia dan akhirat.., terima amal ibadahnya.., kekalkan ia dalam hidayahMu ya Robb.., ganti keburukannya dengan kebaikan ya Robb, jika kedua ayah kami sudah meninggal, lapangkan kuburnya.., hembuskan angin surga ke kuburnya ya Robb, tutup aibnya semasa hidupnya.

Ya Allah.., jadikan istri kami, istri yang sholehan, da’iyah, ‘alimah, murobbiyah, hafizhoh.
Istri yang menyejukkan mata kami melihatnya, istri yang menentramkan kami mendengar ucapannya.

Ya Allah.., jadikan anak-anak kami, anak-anak yang taat kepada Mu ya Robb, berbakti kepada orangtuanya, menjadi pejuang agamaMu. Jadikan anak-anak kami hafizh dan hafizhoh, ‘alim ‘alimah, da’i da’iyah.
Ya Allah.., Engkau pelihara anak-anak kami, kami tidak mampu memeliharanya, terlalu lemah kami, terlalu bodoh kami, Engkaulah yang Maha Pemelihara., bantu kami dalam menjaga amanahMu ini. Ya Robb, jangan jadikan istri dan anak kami sebagai fitnah dalam hidup kami.

Ya Robb.., satukan hati kaum muslimin, beri kekuatan kepada kaum muslimin, jauhi perpecahan sesama muslim.

Ya Robb.., satukan hati para pejuang dijalanMu, satukan hati tiap jemaah da’wahMu, Engkau mudahkan urusan mereka, Engkau cukupkan keperluan mereka, Engkau terima seluruh amal mereka, Engkau jadikan usaha mereka sebagai asbab hidayah ya Robb.


Ya Robb.., pelihara keluarga yang ditinggalkan suaminya yang sedang keluar dijalanMu, cukupkan keperluan mereka, hibur hati-hati mereka, hati anak-anak mereka. Engkau jaga mereka ya Robb.., jauhi bala dari rumah mereka, lindungi keluarga mereka, Engkau curahkan hidayah kepada keluarga mereka.

Ya Allah.., hidupkan suasana agama dirumah kami, di kampung kami, jadikan kampung kami kampung yang memancarkan hidayah. Ramaikan mesjid-mesjid di kampung kami, jadikan wanita-wanita dikampung kami wanita yang menutupi auratnya ya Robb.

Ya Allah.., sampaikan salam kami kepada nabiMu yang mulia, nabi yang kami cintai, yang kami rindukan pertemuan dengannya.

Ya Robb.., izinkan kami untuk berziarah ke makam nabiMu, ke mesjid nabiMu.
Ya Robb.., sampaikan kami ke kota nabiMu madinah munawwaroh, kerumahMu masjidul-haram. Izinkan kami menunaikan Haji daj Umroh diusia muda ini ya Robb.

Ya Allah.., jadikan kami asbab hidayahMu.., hantarkan kami kesuluh alam untuk agamaMu.
Ya Allah.., kami bodoh, Engkaulah yang memberi kepahaman,
kami lemah, Engkaulah yang memberi kekuatan,
Kami hina, Engkaulah yang memberi kemuliaan,
Kami sesat, Engkaulah yang memberi petunjuk.

Ya Allah.., terima doa kami..,
Robbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirotihasanah, wa qina ‘azabannar.
Wa shollallahu’ala sayyidina muhammadinil ummiyi, wa’ala ‘alihi washohbihi wassalam,
Subhanarobika robil ‘izzatihi ‘amma ya sifun, wassalamun ‘alal mursalin, walhamdulillahirobbil ‘alamiin..

*(terinspirasi dari doa bayan tangguh jemaah masturoh pagi tadi)

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment